PROGRAN
PELATIHAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
Nama
Pelatihan : Pengembangan
Pendidikan Karakter Bangsa
Jenis Pelatihan : Sosialisasi/Desiminasi
Sasaran Pelatihan : 2 (dua) sekolah binaan/ kepala sekolah dan guru
Pola Pelatihan : 10 jam
A.
Latar
Belakang
Sesuai dengan yang ditegaskan
secara implisit dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun
2005-2015, pendidikan karakter bangsa ditempatkan sebagai landasan untuk
mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu “Mewujudkan masyarakat berakhlak
mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah
Pancasila.”
Karakter adalah watak, tabiat,
akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi
berbagai kebajikan. Pengembangan pendidikan karakter bangsa yang dilakukan
secara tepat dan sungguh-sungguh di setiap lini dan jenjang akan tercipta watak
dan peradaban bangsa Indonesia yang bermartabat.
Kenyataan di lingkungan
sekolah, tempat kerja dan masyarakat bahwa nilai-nilai karakter bangsa mengalami
pergeseran, seperti belum dihayatinya nilai-nilai Pancasila, bergesernya nilai
etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memudarnya kesadaran terhadap
nilai-nilai budaya bangsa, dan melemahnya kemandirian bangsa.
Atas dasar itu, maka pendidikan
karakter bangsa perlu disosialisasikan kepada para kepala sekolah dan guru-guru
yang bertanggung jawab langsung pengembangan nilai-nilai karakter bangsa di
kalangan peserta didik di sekolahnya masing-masing. Setelah disosialisasikan,
maka para kepala sekolah dan guru-guru harus melaksanakan pengembangan
pendidikan karakter sesuai dengan ketentuan yang benar secara efektif.
B. Tujuan
1.
Meningkatkan pengetahuan kepala sekolah dan guru-gutu tentang materi
pokok Pendidikan Karakter Bangsa
2.
Meningkatkan kemampuan kepala sekolah
dan guru-guru dalam perencanaan dan pengembangan Pendidikan karakter Bangsa di
lingkungan sekolahnya.
C. Dasar
1.
Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2007
tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2015
2.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Pendidikan Nasional.
3.
Inpres Nomor 1 Tahun 2010 tentang
Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional 2010
D. Kompetensi
1. Mengembangkan
nilai-nilai karakter di sekolah
2. Mengembangkan
nilai-nilai karakter pada diri pribadi berdasarkan kompetensi kepribadian dan
sosial.
E. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Memahami:
a.
Pengertian Pendidikan Karakter Bangsa
b.
Landasan Pedagogis Pendidikan Karakter
Bangsa
c.
Fungsi Pendidikan Karakter Bangsa
d.
Tujuan Pendidikan Karakter Bangsa
e.
Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter
Bangsa
f.
Prinsip dan pendekatan pengembngan
Pendidikan Karakter Bangsa
2. Menyusun
Perencanaan pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa
3. Melaksanakan
Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa di lingkungan sekolahnya.
F.
Struktur
Program
No
|
Mata Desiminasi
|
Jumlah jam
|
A
|
UMUM
|
|
1
|
Kebijakan UPTD
Pendidikan Kecamatan
|
1 JP
|
B
|
POKOK
|
|
1
|
Pengertian, landasan
pedagogis, fungsi dan tujuan Pendikar
|
2 JP
|
2
|
Nilai-Nilai Karakter
bangsa
|
1 JP
|
3
|
Prinsip dan
Pendekatan Pengembangan Pendikar
|
1 JP
|
4
|
Perencanaan
Pengembangan Pendikar
|
4 JP
|
5
|
Presentasi
|
1 JP
|
Jumlah
|
10 JP
|
G.
Jadwal
Kegiatan
Hari/tanggal :
Waktu : Pukul 08.00- 15.00
H.
Pengarah/Nara
Sumber
1.
Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan
2.
H. Sahidin, S.Pd., M.Pd.
3.
Cecep Aunilah, S.Pd.
I.
Pendanaan
Sumber
dana : Swadana
J.
Evaluasi
Teknik Penilaian : Penilaian Kinerja dan
Penilaian produk
K.
Peserta
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Asal
Sekolah
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamu'alaikum Wr.Wb.
BalasHapusBoleh minta software EDS 2012 atau alamat webnya.
Terimaksih banyak.