Lampiran 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesian
Kelas/ Semester : 5/
2
A.
Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam
bentuk karangan, surat undangan dan dialog
tertulis.
B. Kompetensi Dasar
Menulis
Karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan ejaan.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator Produk
a. Menentukan tema karangan
b. Menulis judul karangan sesuai tema
c. Menyusun
kerangka karangan
d. Menyusun kalimat utama
e. Menyusun kalimat-kalimat pengembang
f. Menuliskan kalimat utama dan kalimat –kalimat pengembang
dalam bentuk paragraf
2. Indikator Unjuk Kerja
a.
Menunjukkan
motivasi belajar yang optimal
b.
Menunjukkan
kerjasana yang baik
c.
Berperan aktif
dalam kerja
d.
Menunjukkan sikap
demokratis
e.
Menunjukkan penguasaan terhadap materi kerja
3. Indikator Sikap
a. Mengungkapkan tingkat perasaan senang/tidak senang
pendekatan yang digunakan guru
b. Mengungkapkan tingkatan efektif/tidak efektif metode dan teknik yang digunakan guru.
c. Mengungkapkan tingkat perasaan senang/tidak senang
terhadap alat bantu/media yang digunakan guru.
d. Mengungkapkan keefektifan penggunaan alat/media dalam
pembelajaran mengarang
e. Mengungkapkan kemudahan menyusun karangan setelah
mengikuti pembelajaran
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Produk
Melalui
model pembelajaran kontekstual berbasis articulate,
siswa dapat:
a. menentukan tema karangan dengan tepat;
b. menulis judul karangan sesuai tema karangan;
c. menyusun
kerangka karangan berbentuk topik utama
d. menyusun kalimat utama dengan susunan kalimat yang runtut
e. menyusun kalimat-kalimat pengembang dari kalimat utama
dengan kalimat yang runtut.
f. menuliskan kalimat utama dan kalimat –kalimat pengembang
dalam bentuk paragraf dengan memperhatikan ejaan yang benar.
2. Unjuk Kerja
Siswa
dapat:
a.
menunjukkan
motivasi belajar yang optimal
b.
menunjukkan
kerjasana yang baik
c.
berperan aktif
dalam kerja
d.
menunjukkan sikap
demokratis
e.
menunjukkan penguasaan terhadap materi kerja
3. Sikap
Siswa dapat:
1. mengungkapkan tingkat perasaan senang/tidak senang
terhadap pendekatan yang digunakan guru;
2. mengungkapkan tingkatan efektif/tidak efektif metode dan teknik yang digunakan guru.
3. mengungkapkan tingkat perasaan senang/tidak senang
terhadap alat bantu/media yang digunakan guru.
4. mengungkapkan keefektifan penggunaan alat/media dalam
pembelajaran mengarang.
5. mengungkapkan kemudahan menyusun karangan setelah
mengikuti pembelajaran
E. Karakter Peserta Didik yang Diharapkan
1. Kerjasama
2. Berperan aktif
3. Demokratis
F.
Deskripsi Materi Pembelajaran
1.
Menentukan topik
utama karangan
2.
Menulis judul
karangan
3.
Penyusunan kalimat
utama
4.
Menulis bentuk
paragraf
(Bahan
ajar terlampir)
G.
Alokasi Waktu
2 jam
pelajaran (2 x 35 menit)/ 1 kali pertemuan
H.
Strategi Pembelajaran
1.
Model
Pembelajran : Kontekstual berbasis articulate
2.
Pendekatan
: Kontekstual
3.
Metode : Tanya jawab dan diskusi
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
|
1
|
Kegiatan Awal ( 5 menit)
a. Mengondisikan siswa supaya lebih siap dalam
pembelajaran (menyapa, mengabsen,
mengatur tempat duduk).
b. Mengajukan beberapa pertanyaan tentang manfaat mengarang
(apersepsi).
c. Pemberian motivasi tentang manfaat jika seseorang
pandai mengarang
d. Pembentukan kelompok kecil 4-5 orang.
e. Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui media Articulate.
|
|
2
|
Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Eksflorasi
1) Siswa menyusun karangan satu paragraf dengan topik
utama yang telah ditentukan sebagai prates.
2) Guru menunjukkan sumber belajar yang terdapat dalam
lingkungan kehidupan sehari-hari yang telah dikemas dalam media articulate berupa video, gambar dan grafis sebagai bahan diskusi
peserta didik menentukan tema, penulisan judul, menyusun kerangka karangan, penyusunan kalimat, dan pengembangan kalimat.
Setelah selesai diskusi, beberapa pekerjaan hasil kelompok ditanya jawabkan.
b.
Elaborasi
1) Siswa dalam kelompoknya mengerjakan LKS untuk menyusun
karangan dimulai dari penulisan judul, menyusun kalimat utama, menyusun
kalimat pengembang, lengkap dengan penggunaan huruf kapital dan tanda baca.
2) Siswa mengerjakan soal dalam kegiatan rileksasi.
c.
Konfirmasi
1) Guru menayangkan bentuk karangan yang sudah baik
melalui media articulate,
selanjutnya guru dan peserta didik menyimpulkan pelajaran.
2) Siswa menyimak informasi yang disampaikan guru
berkenaan dengan mengarang.
3) Peserta didik mengerjakan soal evaluasi
|
Kerjasama
Berperan aktif
Demokratis
|
3
|
Kegiatan Penutup ( 5 menit)
Siswa diberi
soal-soal untuk belajar mandiri di rumah sebagai tindak lanjut.
|
Mandiri
|
J.
Media dan Sumber Belajar
1.
Sumber buku acuan
yaitu Pandai Berbahasa Indonesia 5A PT Tiga Serangkai Solo.
2.
Alat dan bahan yang
digunakan: komputer, proyektor,
lingkungan sekolah.
3.
Media
pembelajaran yang digunakan aplikasi Articulate.
K.
Penilaian
1. Teknik tes: prates dan pascates
2. Bentuk Instrumen
Perhatikan gambar di bawah ini.
Tema karangan: Anak saleha
Susunlah karangan 3 paragraf dengan topik utama: (1)
pakaian Islami, (2) rajin beribadah, (3) hormat kepada orang lain, dengan
ketentuan:
1.
Berilah judul
karangan yang sesuai tema
2.
Susunlah kalimat
utama dari masing-masing topik utama
3.
Susunlah
kalimat-kalimat pengembang dari tiap kalimat utama paling sedikit 2 kalimat
pengembang dari tiap kalimat utama.
4.
Tulis dalam bentuk
paragraf dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital, tanda baca dan
pemakaian bentuk kata.
Kunci
Jawaban yang diharapkan
Aisyah
Anak Saleha
Aisyah
selalu mengenakan pakaian yang mencerminkan Islami. Pakaian yang dikenakannya
adalah yang bisa menutup aurat. Baju dan rok yang dikenakannya adalah baju dan
rok panjang. Jika ke luar rumah ia selalu mengenakan kerudung.
Aisyah
seorang anak yang rajin ibadah. Jika sudah tiba solat wajib ia selalu
mengerjakan solat. Setiap sore ia pergi ke madrasah untuk belajar ilmu agama.
Jika terjadi bencana alam, ia selalu memberikan sumbangan.
Dalam
kesehariannya, ia bersikap hormat kepada setiap orang. Dalam berkata ia selalu
menggunakan bahasa yang halus dan sopan. Kepada ibu bapaknya tidak pernah
membantah. Kepada guru ia selalu bersikap sopan santun.
Penskoran
dan Pembobotan (terlampir)
Garut, 8 Desember
2011
Guru Mata Pelajaran,
H. SAHIDIN