Minggu, 29 April 2012

RPP BERKARAKTER


Lampiran 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

                                  Nama Sekolah      : SD
                                  Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesian
                                  Kelas/ Semester     : 5/ 2

A. Standar Kompetensi
     Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam
     bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.

B. Kompetensi Dasar
     Menulis Karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan
     penggunaan ejaan.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
     1. Indikator Produk
a.       Menentukan tema karangan
b.      Menulis judul karangan sesuai tema
c.       Menyusun kerangka karangan
d.      Menyusun kalimat utama
e.       Menyusun kalimat-kalimat pengembang
f.       Menuliskan kalimat utama dan kalimat –kalimat pengembang dalam bentuk paragraf

      2. Indikator Unjuk Kerja
a.       Menunjukkan motivasi belajar yang optimal
b.      Menunjukkan kerjasana yang baik
c.       Berperan aktif dalam kerja
d.      Menunjukkan sikap demokratis
e.       Menunjukkan  penguasaan terhadap materi kerja

      3. Indikator Sikap
a.       Mengungkapkan tingkat perasaan senang/tidak senang pendekatan yang digunakan guru
b.      Mengungkapkan tingkatan efektif/tidak efektif  metode dan teknik yang digunakan guru.
c.       Mengungkapkan tingkat perasaan senang/tidak senang terhadap alat bantu/media yang digunakan guru.
d.      Mengungkapkan keefektifan penggunaan alat/media dalam pembelajaran mengarang
e.       Mengungkapkan kemudahan menyusun karangan setelah mengikuti pembelajaran
    
D. Tujuan Pembelajaran
     1. Produk
            Melalui model pembelajaran kontekstual berbasis articulate, siswa dapat:
a.       menentukan tema karangan dengan tepat;
b.      menulis judul karangan sesuai tema karangan;
c.       menyusun kerangka karangan berbentuk topik utama
d.      menyusun kalimat utama dengan susunan kalimat yang runtut
e.       menyusun kalimat-kalimat pengembang dari kalimat utama dengan kalimat yang runtut.
f.       menuliskan kalimat utama dan kalimat –kalimat pengembang dalam bentuk paragraf dengan memperhatikan ejaan yang benar.

      2. Unjuk Kerja
           Siswa  dapat:
a.       menunjukkan motivasi belajar yang optimal
b.      menunjukkan kerjasana yang baik
c.       berperan aktif dalam kerja
d.      menunjukkan sikap demokratis
e.       menunjukkan  penguasaan terhadap materi kerja

      3. Sikap
          Siswa dapat:
1.      mengungkapkan tingkat perasaan senang/tidak senang terhadap pendekatan yang digunakan guru;
2.      mengungkapkan tingkatan efektif/tidak efektif  metode dan teknik yang digunakan guru.
3.      mengungkapkan tingkat perasaan senang/tidak senang terhadap alat bantu/media yang digunakan guru.
4.      mengungkapkan keefektifan penggunaan alat/media dalam pembelajaran mengarang.
5.      mengungkapkan kemudahan menyusun karangan setelah mengikuti pembelajaran
E.  Karakter Peserta Didik yang Diharapkan
1.      Kerjasama

2.      Berperan aktif

3.      Demokratis

F. Deskripsi Materi Pembelajaran
1.      Menentukan topik utama karangan
2.      Menulis judul karangan
3.      Penyusunan kalimat utama
4.      Menulis bentuk paragraf
           (Bahan ajar terlampir)

G. Alokasi Waktu
     2 jam pelajaran (2 x 35 menit)/ 1 kali pertemuan

H. Strategi Pembelajaran
1.      Model Pembelajran : Kontekstual berbasis articulate
2.      Pendekatan              : Kontekstual
3.      Metode                     : Tanya jawab dan diskusi

I. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Karakter
1
Kegiatan Awal ( 5 menit)

a.       Mengondisikan siswa supaya lebih siap dalam pembelajaran (menyapa, mengabsen, mengatur tempat duduk).
b.      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang manfaat mengarang (apersepsi).
c.       Pemberian motivasi tentang manfaat jika seseorang pandai mengarang
d.      Pembentukan kelompok kecil 4-5 orang.
e.       Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui media Articulate.


2
Kegiatan Inti (60 menit)

a.      Eksflorasi
1)      Siswa menyusun karangan satu paragraf dengan topik utama yang telah ditentukan sebagai prates.

2)      Guru menunjukkan sumber belajar yang terdapat dalam lingkungan kehidupan sehari-hari yang telah dikemas dalam media articulate berupa video,  gambar dan grafis sebagai bahan diskusi peserta didik menentukan tema, penulisan judul, menyusun kerangka karangan, penyusunan kalimat, dan pengembangan kalimat. Setelah selesai diskusi, beberapa pekerjaan hasil kelompok ditanya jawabkan.

b.      Elaborasi
1)      Siswa dalam kelompoknya mengerjakan LKS untuk menyusun karangan dimulai dari penulisan judul, menyusun kalimat utama, menyusun kalimat pengembang, lengkap dengan penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

2)      Siswa mengerjakan soal dalam kegiatan rileksasi.

c.       Konfirmasi
1)      Guru menayangkan bentuk karangan yang sudah baik melalui media articulate, selanjutnya guru dan peserta didik menyimpulkan pelajaran.
2)      Siswa menyimak informasi yang disampaikan guru berkenaan dengan mengarang.
3)      Peserta didik mengerjakan soal evaluasi


Kerjasama
Berperan aktif

Demokratis
3
Kegiatan Penutup ( 5 menit)
Siswa diberi soal-soal untuk belajar mandiri di rumah sebagai tindak lanjut.

Mandiri

J. Media dan Sumber Belajar
1.      Sumber buku acuan yaitu Pandai Berbahasa Indonesia 5A PT Tiga Serangkai Solo.
2.      Alat dan bahan yang digunakan:  komputer, proyektor, lingkungan sekolah.
3.      Media pembelajaran yang digunakan  aplikasi Articulate.

K. Penilaian
1. Teknik tes: prates dan pascates
2. Bentuk Instrumen
    Perhatikan gambar di bawah ini.


         Tema karangan: Anak saleha
Susunlah karangan 3 paragraf dengan topik utama: (1) pakaian Islami, (2) rajin beribadah, (3) hormat kepada orang lain, dengan ketentuan:
1.      Berilah judul karangan yang sesuai tema
2.      Susunlah kalimat utama dari masing-masing topik utama
3.      Susunlah kalimat-kalimat pengembang dari tiap kalimat utama paling sedikit 2 kalimat pengembang dari tiap kalimat utama.
4.      Tulis dalam bentuk paragraf dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital, tanda baca dan pemakaian bentuk kata.

Kunci Jawaban yang diharapkan

                                       Aisyah Anak Saleha
Aisyah selalu mengenakan pakaian yang mencerminkan Islami. Pakaian yang dikenakannya adalah yang bisa menutup aurat. Baju dan rok yang dikenakannya adalah baju dan rok panjang. Jika ke luar rumah ia selalu mengenakan kerudung.
Aisyah seorang anak yang rajin ibadah. Jika sudah tiba solat wajib ia selalu mengerjakan solat. Setiap sore ia pergi ke madrasah untuk belajar ilmu agama. Jika terjadi bencana alam, ia selalu memberikan sumbangan.
Dalam kesehariannya, ia bersikap hormat kepada setiap orang. Dalam berkata ia selalu menggunakan bahasa yang halus dan sopan. Kepada ibu bapaknya tidak pernah membantah. Kepada guru ia selalu bersikap sopan santun.

Penskoran dan Pembobotan (terlampir)


Garut, 8 Desember  2011
Guru Mata Pelajaran,



                                                                                               H. SAHIDIN

Sabtu, 21 April 2012

CD PEMBELAJARAN BAGI SEKOLAH DASAR

 Tersedia Berbagai CD Pembelajaran untuk mata pelajaran:

IPA, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, Pend.Agama Islam, Seni Musik.
Bisa pesan ke 082129815007                                       Kelebihan: Dapat disajikan dalam                                                   HP Siswa/Guru                                            
Satu CD berisi banyak materi pembelajaran
 Dengan CD Pembelajaran akan tercipta Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, Inovatif dan Menyenangkan.