Minggu, 23 September 2012

KUESIONER KEMAMPUAN GURU


KUESIONER EVALUASI DIRI GURU TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Nama Sekolah             : ____________________________________________
Alamat                                    : ____________________________________________________
                                      ____________________________________________________

PETUNJUK:
Ø  Isilah apa adanya secara jujur
Ø  Pilihlah jawaban yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

1.      Apakah Saudara memahami Kurikulum sekolah Saudara (KTSP)?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
2.      Fahamkah  Saudara menyusun Program Tahunan?
a.       Sangat faham                   c. Cukup faham
b.      Faham                              d. Kurang faham

3.      Fahamkah Saudara membuat Program Semester?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
4.      Apakah Saudara memahami PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
5.      Apakah Saudara memahami Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses?
a.       Sangat faham                   c. Cukup faham
b.      Faham                              d. Kurang faham

6.      Apakah Saudara memahami Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar isi?
a.       Sangat faham                   c. Cukup faham
b.      Faham                              d. Kurang faham
7.      Apakah Saudara memahami Permendiknas No. 23 tahun 2006 tentang Standar Lulusan?
a.       Sangat faham                   c. Cukup faham
b.      Faham                              d. Kurang faham
8.      Apakah Saudara sudah memanfaatkan komputer untuk kepentingan peningkatan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
9.      Apalah Saudara memahami PP No. 74 tahun 2008 tentang Guru?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham

10.  Apakah Saudara memahami Visi, Misi, dan tujuan sekolah Saudara?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
11.  Apakah Saudara memahami cara penyusunan KKM?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
12.  Apakah Saudara memahami penyusunan Silabus?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
13.  Apakah Saudara sangat memahami penyusunan RPP?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
14.  Apakah Saudara memahami pengintegrasian Pendidikan karakter pada Silabus dan RPP?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
15.  Apakah Saudara memahami menyusun RPP yang sesuai standar proses?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
16.  Apakah Saudara memahami cara memanfaatkan Kelompok Kerja Guru untuk kepentingan peningakatan kualitas pembelajaran?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
17.  Apakah Saudara faham menyusun kisi-kisi soal penilaian?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
18.  Apakah Saudara faham tentang remidial dan pengayaan?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
19.  Apakah Saudara faham tentang pengembangan diri peserta didik?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham
20.  Apakah Saudara memahami tentang Bimbingan dan konseling?
a.       Sangat faham                    c. Cukup faham
b.      Faham                               d. Kurang faham

Saran-saran/ Harapan :
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

NILAI KARAKTER BANGSA


Macam dan Deskripsi Nilai Karakter Bangsa yang Dapat Diintegrasikan Pendidikannya dalam Proses Pembelajaran

No
Nilai
Deskripsi Nilai
1
Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2
Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan
3
Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4
Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh
pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5
Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
6
Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7
Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada
orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8
Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9
Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk
mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu
yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10
Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang
menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas
kepentingan diri dan kelompoknya.
11
Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa
12
Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk
menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13
Bersahabat/
Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara,
bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14
Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15
Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16
Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah
kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan
mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
17
Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan
pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18
Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. (Disalin oleh H.Sahidin)