Senin, 04 Juni 2012

SATUAN ACARA PELATIHAN (SAP)


DESKRIPSI PROGRAM PELATIHAN DAN SATUAN ACARA PELATIHAN

A.    Deskripsi Program Pelatihan
Nama pelatihan : Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa
Sasaran              : Kepala Sekolah dan guru-guru
Tujuan               :
1.      Agar kepala sekolah dan guru-guru dapat merencanakan pengembangan nilai-nilai karakter bangsa melalui: program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah.
2.      Agar guru dapat mengembangkan pendidikan karakter bangsa dengan menggunakan pendekatan proses belajar perserta didik secara aktif dan berpusat pada anak melalui kegiatan di kelas, sekolah, dan masyarakat.
3.      Agar guru dapat melakukan penilaian pencapaian nilai pendidikan karakter didasarkan pada indikator.
4.      Agar kepala sekolah dan guru dapat menyusun indikator sekolah dan kelas dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sekolah sebagai lembaga pelaksana Pendidikan Karakter Bangsa

B.     Satuan Acara Pelatihan
Mata Diklat                 : Perencanaan Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa
Waktu                         : 4 JP @ 45 menit

1.      Kompetensi yang dicapai
a.       Mengembangkan nilai-nilai karakter di sekolah
b.      Mengembangkan nilai-nilai karakter pada diri pribadi berdasarkan kompetensi kepribadian dan sosial
2.      Indikator
a.       Menyusun perencanaan pengembangan nilai-nilai karakter bangsa
b.      Menyusun rencana pengaplikasian nilai-nilai karakter bangsa melalui keteladanan kepala sekolah dan guru-guru.
3.      Tujuan
Setelah kegiatan ini selesai, peserta dapat:
c.       Menyusun perencanaan pengembangan nilai-nilai karakter bangsa dengan baik
d.      Menyusun rencana pengaplikasian nilai-nilai karakter bangsa melalui keteladanan kepala sekolah dan guru-guru dengan baik.
4.      Ruang Lingkup Materi
a.       Teknik perencanaan pengembangan Pendikar
b.      Teknik pengintegrasian Pendikar dalam mata pelajaran
c.       Teknik pengembangan Pendikar melalui proses pembelajaran
d.      Teknik penilaian hasil belajar Pendikar
e.       Menyusun Indikator sekolah dan kelas dalam upaya merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan Pendikar.

5.      Skenario Penyajian
a. Kegiatan Awal : 10 menit
b. Kegiatan Inti    :
1) Pengarahan teknis dari penyaji
2) Penelaahan Materi
3) Diskusi
4) Presentasi
5) Tanya Jawab

c. Penutup
1) Mengadakan penilaian dan evaluasi
2) Tindak lanjut

6.      Media
LCD In Focus

7.      Evaluasi
a.       Penilaian presentasi kelompok
b.      Produk program pengembangan Pendikar
8.      Referense
Bahan Ajar Diklat Supervisi Pengawas Sekolah Pendidikan Karakter Bangsa P4TK Tahun 2012.
Garut, 4 Juni 2012
Pengawas Sekolah,


H.Sahidin, S.Pd.,M.Pd.
NIP 195901161982011002


1 komentar:

  1. trims. ini bisa menjadi acuan buat kami. punya daftar tagihan OJL ndak. kalau ada tolong ya pak.

    BalasHapus